Twitter

PERBEDAAN ILMU KOMPUTER DGN SISTEM INFORMASI

Posted by ITIK (ILMU PENETAHUAN MEMANG ASIK) - -

Sistem Informasi

Program Sistem Informasi lebih berfokus pada pengintegrasian solusi berbasis teknologi informasi dengan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan usaha-usaha lain, yang memungkinkan tercapainya tujuan sebuah organisasi dengan efektif dan efisien. Perspektif bidang ilmu ini lebih memandang teknologi sebagai instrumen untuk mencatat, menghasilkan, mengolah, serta mendistribusikan informasi. Ahli-ahli di bidang ini memiliki kemampuan untuk memetakan kebutuhan informasi sebuah organisasi, dan menentukan cara terbaik teknologi informasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Selain penguasaan aspek teknologi informasi, seorang pakar sistem informasi juga harus memahami prinsip-prinsip manajemen dan bisnis. Sebagai konsekuensinya, kurikulum di bidang sistem informasi juga mencakup materi mengenai kerangka bisnis dan manajemen, di samping penguasaan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.
Lulusan dari program ini memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan industri saat ini, di mana pemanfaatan teknologi informasi sering menjadi kunci keunggulan sebuah organisasi.
Ilmu Komputer
Teknik Informatika

Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.
Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika.
Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka jugalah yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, saat ini kita sudah mengenal baik fasilitas Internet dan World Wide Web, yang tidak akan terwujud tanpa kemajuan di sub-bidang ilmu komputer seperti jaringan komputer (computer networking), basis data (database), serta interaksi manusia komputer. Saat ini, ilmuwan komputer menggunakan teknologi komputer untuk pengembangan robot yang cerdas, pemodelan DNA manusia, serta pembuatan program yang dapat memahami berbagai data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video.

Teknik Komputer
Teknologi Komputer

Program ini berfokus pada perancangan dan pembangunan komputer dan sistem berbasis komputer. Topik yang dipelajari adalah perangkat keras, perangkat lunak, sistem komunikasi, serta interaksi antara semua elemen tersebut. Sistem pendidikannya biasanya lebih banyak menganut pendekatan rekayasa/terapan (engineering) daripada ilmiah (science).
Mahasiswa pada program Teknik/Teknologi Komputer lebih banyak mempelajari perancangan sistem perangkat keras dijital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Perangkat lunak tetap dipelajari,namun fokusnya terletak pada interaksinya dengan perangkat keras.
Sebuah sub-bidang yang cukup banyak diminati di Teknik/Teknologi Komputer adalah sistem tertanam (Embedded Systems), yaitu pengembangan perangkat selain komputer yang sebetulnya memiliki sistem perangkat keras maupun lunak ‘tertanam’ di dalamnya, misalnya telepon seluler, sensor dan peralatan medis, dan lain-lain.

Ilmu Teknologi Komputer


Ilmu Teknologi Komputer,,,,,,,,Itu Yang Selalu Akan saya bahas di dalam artikel saya,,,sebelumnya saya ingin menyapa sobat sekalian,,,,,,,Met PAgi SEblum anda MNyapa KhangatN,Met CIank kTika anda Mrasa KHangatan,Met sORE kTika anda MrasA sEjuk Dlam Khngtn,mEt snjA ktika anda kDNGinan MNGhmpiri DTanG n met mLAm ktika ANda Mrasa k DALm kdinginAn...

Memunculkan Task Manager yang Hilang

Seperti halnya mengembalikan atau menampilkan Folder Options yang hilang, atau Run begitu juga dengan Task Manager yang tidak bisa di tampilkan karena sengaja disembunyikan oleh admin komputer maupun karena serangan virus atau apalah gitu.

Bila komputer anda mengalami masalah Task Manager tidak bisa di tampilkan dan pada saat anda menekan CTRL + ALT + DEL (tanpa plus) muncul sebuah pesan seperti berikut :

"Task Manager Has Been Disabled By Your Administrator"

sudah tentu bahwa DWORD value dalam regedit yang bernilai 0 (nol) sudah di ubah menjadi 1 (satu), nah untuk mengembalikannya ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah pertama
Ini dilakukan dengan asusmi bahwa komputer anda sudah terbebas dari virus (lakukan pembersihan virus pada komputer anda terlebih dahulu)
Masuk regedit dengan cara ketik regedit pada run menu, caranya klik start – run kemudian ketik regedit dan tekan Enter atau klik OK
Langkah kedua
Klik menu Edit kemudian pilih Find dan ketikkan kata DisableTaskMgr kemudian klik Find Next hingga menemukan data seperti berikut :

bila sudah menemukan data seperti di atas maka ikuti langkah berikut ini
Langkah ketiga
Mengubah Value data DisableTaskMgr dengan cara double klik pada kata DisableTaskMgr dan ubah angka 1 (satu) menjadi 0 (nol) dan tekan ENTER atau klik OK dengan maksud agar Task Manager di enable kan
Langkah keempat
Tutup regedit dan coba tekan CTRL + ALT+ DEL (tanpa plus ya..)
Semoga Berhasil
________________________________________

Kumpulan Shortcuts Keyboard pada Komputer

Maaf bukannya saya nggak mau langsung memberitahukannya,tapi saya ingin menjelaskan sedikit tentang judul diatas,,,mungkin masih ada yang bingung tentang maksudnyakn,,,,,,gini....
seperti istilah cara cepatnya lah gitu,,,contohnya kita ingin mengopy data,,,mungkin yang kita lakukan ialah dengan kelik kanan di data atau file tersebut pilih copy,,itu cara lama sobat,,nhe langsung saja saya beritahukannya,,,,

CTRL+C (Copy)
CTRL+X (Cut)
CTRL+V ( Paste)
CTRL+Z (Undo)
DELETE (Delete)
SHIFT+DELETE (Delete the selected item permanently without placing the item in the Recycle Bin)
CTRL+ dra (Copy the selected item)
CTRL+SHIFT + Drag item (Create a shortcut to the selected item)
F2 key (Rename the selected item)
CTRL+Panah kanan (Move the insertion point to the beginning of the next word)
CTRL+Panah kiri (Move the insertion point to the beginning of the previous word)
CTRL+Panah bawah (Move the insertion point to the beginning of the next paragraph)
CTRL+Panah atas (Move the insertion point to the beginning of the previous paragraph)
CTRL+SHIFT +panah (Highlight a block of text)
SHIFT + Panah (Select more than one item in a window or on the desktop, or select text in a document)
CTRL+A (Select all)
F3 (Search for a file or a folder)
ALT+ENTER (View the properties for the selected item)
ALT+F4 (Close the active item, or quit the active program)
ALT+ENTER (Display the properties of the selected object)
ALT+SPACEBAR (Open the shortcut menu for the active window)
CTRL+F4 (Close the active document in programs that enable you to have multiple documents open simultaneously)
ALT+TAB (Switch between the open items)
ALT+ESC (Cycle through items in the order that they had been opened)
F6 key (Cycle through the screen elements in a window or on the desktop)
F4 key (Display the Address bar list in My Computer or Windows Explorer)
SHIFT+F10 (Display the shortcut menu for the selected item)
ALT+SPACEBAR (Display the System menu for the active window)
CTRL+ESC (Display the Start menu)
ALT+Garis bawah (Display the corresponding menu)
F10 key (Activate the menu bar in the active program)
RIGHT ARROW (Open the next menu to the right, or open a submenu)
LEFT ARROW (Open the next menu to the left, or close a submenu)
F5 key (Update the active window)
BACKSPACE (View the folder one level up in My Computer or Windows Explorer)
ESC (Cancel the current task)
SHIFT + memasukkan CD-ROM into the CD-ROM drive (Prevent the CD-ROM from automatically playing)
Dialog Box Keyboard Shortcuts

Me-rename Banyak File Hanya Dalam Satu Kali Ketik

Untuk me-rename banyak file Hanya Dalam Satu Kali Ketik sangatlah mudah, begini caranya :

1. Block semua file yang akan di-rename ( Nanti hasilnya, dari file teratas sampai paling bawah secara berurutan akan mempunyai nama file yang sama ,hanya saja ada nomornya)
2. Tekan tombol F2 pada Keyboard (F2 = untuk me-rename)
Maka file pertama akan rename . . .lalu tulislah nama file-nya (misal dalam contoh dituliskan 'files' )
3. Hasilnya : Dari atas sampai bawah , nama sama semua dan setiap urutan files ada nomor urutanya

Gampang bukan,coba ajha deh,,,,hati2 lho ntar salah bikin nama,,ntar nama saya yang dibikin....

Cara Mematikan Secara Otomatis Program 'Not Responding'

Pernahkah Sobat sekalian mengalami atau pernah di mana program yang sobat buka mengalami “hang” atau "not responding?",Pasti pernah dunk.... not responding terjadi dikarenakan proses pada RAM komputer terlalu berat, sehingga salah satu progam yang sedang dijalankan harus terkena imbasnya atau ampasnya y berupa 'Not responding'. Jika sudah begitu kita harus melakukan apa ? ,tenang banyak cara untuk mematikan progam not responding, salah satunya dengan "Windows Task Manager" (Baca artikelnya di sini) . .. Selain itu, ada cara lain yaitu dengan sedikit meng-otak-atik registry ,untuk mematikan progam Not Responding secara otomatis.
Nah, pada postingan kali inilah kita akan membahas mengenai,"Bagaimana Cara Mematikan Progam Not Responding Secara Otomatis"

Langkah-langkah mematikan secara otomatis program not responding melalui Registry Windows adalah sebagai berikut.


1. Buka Registry Editor ( Start => Run => tulis "regedit" )
2. Cari HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop
3. Pada panel sebelah kanan, cari dan klik double pada “AutoEndTasks” hingga muncul jendela Edit String,
4. Ganti value datanya menjadi 1
5. Tutup registry Windows.
6. Restart Komputer.
Nah, dengan cara ini, maka seketika terjadi Program 'Not Responding', maka progam itu akan dimatikan secara otomatis . . .

Menghentikan hang pd Komp dgn DOS Prompt

Pada umumnya, untuk menghentikan secara paksa (terminate) aplikasi atau apa saja deh yang "Hang" ,para pengguna komputer akan menggunakan Menu Task Manager. Itu tak beda dengan saya. Tapi, tahu nggak kalau ada cara lain mungkin ini bisa juga jadi sebuah alternatif lain bagi anda. . ?
Selain dengan Task Manager, ada juga yang menggunakan DOS Prompt . . . .yang dimaksud ialah (Perintah Run)

Mau tahu caranya, ikuti tips berikut :


1. Klik Start ==> Run ==> Tuliskan <'cmd'>
2. Tulis tasklist dan tekan enter, maka akan tampil daftar proses yang sedang berjalan
3. Cari aplikasi yang Hang tadi atau aplikasi yang ingin di-terminate
4. Misalnya ,untuk Progam Mozilla Firefox : tskill 1844 => enter ntar ada thu,,bisa dipahami ndri kok
5. Maka progam tersebut akan mati mendadak .

apabila ada yang belum ngerti bisa di tanyakan kok di kotak komentar di bawah>>>>>>>

Test Kemampuan Keyboard Punya Anda

Maksudnya di sini adalah,coba test keyboard anda apakah semuanya berfungsi apa tidak,
test tersebut dengan cara yang berbeda pula,,,,,apakah anda ingin mengetahuinya,,,di bawah nanti akan ada cara2nya,,,,,
Keyboard merupakan salah satu perangkat yang sering kita pakai pada saat menggunakan komputer.
Disini saya memberikan beberapa cara untuk mengetest apakah keyboard anda benar-benar handal atau tidak.
Anda cukup mengetikkan kalimat “the quick brown fox jumps over the lazy dog” tetapi dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Buka notepad anda.
2. Tekan dan tahan tombol shift kiri dan shift kanan.
3. Ketik kalimat “the quick brown fox jumps over the lazy dog”. (Ingat tombol shift kiri dan shift kanan jangan di lepas).
4. Lihat apakah tulisan yang keluar lengkap sesuai dengan kata-kata di atas atau ada huruf yang hilang.
5. Semakin banyak huruf yang tidak keluar, maka semakin jelek kualitas keyboard anda.

Mengapa harus menulis kalimat “the quick brown fox jumps over the lazy dog” ?
Karena kata-kata tersebut merupakan sebuah kalimat yang berisi semua huruf dalam alfabet yang biasa digunakan untuk menguji mesin tik dan keyboard komputer, dan dalam aplikasi lain yang melibatkan semua huruf dalam abjad Inggris.
Selamat Mencoba.

Leave a Reply